Powered By Blogger

Senin, 28 Januari 2013



Tips Menyusun Skripsi

Untuk calon sarjana, skripsi menjadi syarat utama jika ingin lulus. Banyak mahasiswa bingung saat akan menulis skripsi. Tips pada tulisan berikut ini mungkin bisa membantu mahasiswa yang sedang bingung menghadapinya.
Berbeda dengan Membuat Makalah, hal utama yang harus diperhatikan saat menulis skripsi adalah menentukan topik penelitian, baru kemudian adalah membaca banyak literatur untuk penelitian tersebut. Sambil membaca, pastikan membuat catatan tentang berbagai materi dan istilah penting yang kamu temukan dari literatur-literatur. Catatan ini nantinya bisa menjadi referensi ketika membuat skripsi.
Bila sudah menemukan topik yang ingin diteliti, sekarang membuat proposal penelitian. Proposal ini harus lulus uji sebelum memulai penelitian. Setelah proposal disetujui, bisa bersiap meneliti dan menulis skripsimu. Bila masih bingung, manfaatkan internet untuk mencari Contoh Skripsi.
Berikut Tips Menyusun Skripsi seperti yang dikutip dari Surviving College, berikut selengkapnya:

Dosen pembimbing
Pihak jurusan biasanya menetapkan dosen pembimbing sesuai dengan latar belakang ilmu mereka. Setelah mengetahui informasi tersebut, maka segeralah hubungi dosen pembimbing.
Bisa menemuinya secara langsung di kampus, meneleponnya, atau jika terpaksa, mengiriminya email jika dosennya sibuk. Dalam komunikasi pertama dengan sang dosen pembimbing, pastikan memperkenalkan diri dengan jelas dan lengkap. Kemudian, paparkan rencana penelitian. Buatlah kesan terbaik.
Jika mengirim email, berikan dosenmu beberapa hari untuk menanggapi email tersebut. Jika masih belum ada jawaban, bisa mengirimkan email tindak lanjut dan bertanya apakah sang dosen bersedia bertemu. 

Ajukan pertanyaan
Jangan takut untuk bertanya. Dosen pembimbing kita tahu, kita bukanlah peneliti ahli. Mereka pun hanya mengharapkan kita untuk terus belajar selama meneliti dan menulis skripsi.
Pertanyaan, dalam dunia penelitian, sangatlah krusial. Jika tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan atau bagaimana melakukan sesuatu, maka bertanyalah dengan sopan kepada dosen pembimbing. Kemungkinan besar, mereka akan senang untuk membantu dan akan terkesan dengan keinginanmu untuk belajar. Fase ini juga termasuk dengan memeriksa ulang semua pekerjaanmu dengan sang dosen untuk menghindari kesalahan di kemudian hari.

Buat jadwal dan tepatilah
Menulis skripsi menuntut kreatif dan produktif. Tidak heran, cara bekerja pun akan berbeda dengan cara kerja teman kita. Meski dosenmu membebaskan kegiatan penelitianmu, buatlah jadwal dan tepatilah jadwal itu. 
Dengan membuat jadwal, kamu dan dosen pembimbing dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Jika harus masuk laboratorium, buatlah jadwal sedikitnya dua kali dalam seminggu untuk meneliti di laboratorium. Dengan begitu, dosen pembimbing pun akan melihat kesungguhan dan dedikasimu dalam penelitian.

Belajar, belajar, belajar
Di perguruan tinggi, berpartisipasi dalam penelitian adalah salah satu pengalaman belajar terbaik yang dapat dimiliki. Bila berada di laboratorium, ambillah kesempatan untuk mempelajari semua yang dapat tidak hanya dari dosen, tetapi juga teman dan civitas academica lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.