Powered By Blogger

Kamis, 14 Februari 2013


HKI Penting Bagi Universitas

Penghargaan masyarakat Indonesia terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI) orang lain masih minim. Hal ini tercermin dari minimnya kesadaran masyarakat untuk mendapatkan hak paten terhadap hasil penelitian maupun penemuan mereka.
Perguruan Tinggi sebagai lembaga penemuan, lanjutnya, harus mengarahkan proses pendidikan atau kurikulumnya pada proses invensi HKI. Sebab, hak paten menjadi salah satu lingkup yang ada dalam HKI.
Menurut Fajar (Kepala LP3M UMY), HKI bagi perguruan tinggi berperan sangat penting. "HKI bisa memperkuat akreditasi, proses akademik, pemberdayaan masyarakat, dan sumber informasi, serta menumbuhkan kebanggaan terhadap perguruan tinggi itu,".
Fajar menjelaskan, tidak adanya perlindungan terhadap hasil penelitian segenap sivitas academika di kampus akan sangat merugikan. “Kreasi intelektualitas akan bebas digunakan dan dikomersialkan pihak lain. Selain itu, pihak lain juga dapat mendaftarkan karya intelektualitas itu pada badan pengelola HKI. Jika hal itu terjadi, maka temuan kita itu menjadi milik orang lain,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.