Powered By Blogger

Kamis, 14 Februari 2013


Telepon dan Komputer Masa Depan Jadi Perpanjangan Indra Manusia

IBM mengembangkan sistem komputasi yang dapat membuat telepon dan komputer menjadi perpanjangan indra manusia seperti mencium dan meraba.  Dalam lima tahun, saat membeli pakaian dari Internet, kita bisa merasakan bahan pakaiannya, menurut para ilmuwan.
Bayangkan jika Anda berbelanja pakaian dari Internet dan dapat menjangkau ke dalam layar komputer atau telepon pintar untuk merasakan bahan pakaiannya. Simulasi teknologi seperti itu kemungkinan sudah tersedia dalam lima tahun mendatang.
“Kita berbicara tentang penemuan kembali cara komputer beroperasi dan bagaimana kita berinteraksi dengannya sebagai manusia,” ujar Deputi Presiden IBM Bernie Meyerson.
Memperpanjang indra peraba merupakan salah satu dari lima inovasi yang diyakini IBM akan mengubah dunia dalam lima tahun mendatang, menurut daftar tahunan perusahaan “Lima dalam Lima.”
Mesin pintar juga akan segera dapat mendengar lingkungan dan menyoroti suara yang sangat kita pedulikan. Sebagai contoh, sistem pengenalan suara yang lebih canggih dapat memberitahu orangtua mengapa bayi mereka menangis.
“Anak Anda bisa lapar, sakit atau kesepian. Hal seperti ini tidak dimungkinkan sekarang. Tapi melalui sistem yang cukup canggih, hal itu dapat diwujudkan,” ujar Meyerson.
Tak lama lagi, komputer pribadi akan dapat melakukan lebih dari sekedar mengenali gambar dan data visual. Kamera di dalam komputer akan dapat menganalisa fitur seperti warna, dan mengerti arti media visual, seperti bagaimana caranya memilah foto-foto keluarga.
Mesin-mesin pintar ini juga dapat mencium bau. Jika Anda bersin ke arah komputer atau telepon selular, sensor-sensor kecil yang ada dalam mesin akan dapat menganalisa ribuan molekul dalam nafas Anda.
“Mesin itu akan mengingatkan Anda dan mengatakan: ‘Hey, mungkin Anda belum merasa sakit, tapi Anda terkena infeksi dan sebaiknya segera ke dokter,”
Para ilmuwan IBM juga mengembangkan sebuah sistem yang dapat mencecap rasa yang digunakan oleh koki untuk menciptakan resep. Sistem tersebut memilah bahan bakanan sampai tingkat molekuler dan mencampurnya untuk menciptakan rasa dan bau yang paling populer, sambil mengingatkan untuk menjaga lingkar pinggang.
“Sistem ini dapat merekomendasikan makanan yang Anda inginkan, tapi juga mengingat batas kalori, apakah Anda punya batas kandungan lemak atau kolesterol yang dapat dimakan,” ujar Meyerson. “Jadi ada keseimbangan ideal antara rasa terbaik dan hasil yang mungkin paling bergizi.”
Salah satu hal yang paling mengesankan dalam daftar IBM, menurut profesor ilmu komputer dari Georgetown University Mark Maloof, adalah betapa semakin dahsyatnya alat-alat kecil ini.  “Saya kira salah satu kejutan dalam daftar tersebut adalah bagaimana banyak metode komputasi yang sangat canggih untuk, misalnya, mendengar dan melihat, telah diimplementasikan dalam peralatan bergerak yang sangat kecil ini,” ujarnya.
Maloof berharap kemajuan ini dapat mendorong lebih banyak siswa belajar sains, teknologi, teknik dan matematika, untuk menyiapkan mereka memainkan peran dalam inovasi-inovasi masa depan.  “Akan menyenangkan melihat yang dilakukan anak muda dengan ketersediaan sarana dan jaringan yang bergerak serta daya komputer yang terus meningkat,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.