Powered By Blogger

Selasa, 28 Oktober 2014

Beasiswa Program Non Gelar & JFP tahun 2015

Sehubungan dengan rencana penyelenggaraan Pelatihan Diklat Non Gelar & JFP, bersama ini kami informasikan bahwa kami membuka kembali Pendaftaran Diklat Non Gelar & JFP Tahun Seleksi 2015.
Sejalan dengan ini, Pendaftaran Diklat Non Gelar & JFP kami buka melalui Pendaftaran Online di http://pusbindiklatren.bappenas.go.id/simdiklatonline, jadi apabila Bapak/Ibu sudah pernah terdaftar menjadi Peserta di aplikasi/database kami, silahkan Bapak/Ibu untuk langsung login saja, tetapi apabila Bapak/Ibu belum terdaftar sama sekali menjadi Peserta di aplikasi/database kami, disarankan untuk melakukan Register di form yg kami sediakan.
Namun sebelum melakukan Pendaftaran Diklat Non Gelar & JFP, mohon Bapak/Ibu membaca Surat Edaran yang kami keluarkan :
1. Informasi Diklat GE (Green Economy)
2. Informasi Diklat Kelayakan Proyek
3. Informasi Diklat LERD
4. Informasi Diklat Mitigasi Bencana
5. Informasi Diklat P3B
6. Informasi Diklat Planning and Budgeting
7. Informasi Diklat PPD Reguler
8. Informasi Diklat PPD RPJMD
9. Informasi Diklat PPP
10. Informasi Diklat Jabatan Fungsional Perencana (JFP)
11. Informasi Panduan Regitrasi Online Non Gelar dan JFP
Apabila Surat Edaran kami telah di baca/pahami, silahkan Bapak/Ibu untuk melakukan Pendaftaran Online Diklat Non Gelar di link : http://pusbindiklatren.bappenas.go.id/simdiklatonline,
Untuk menanyakan seputar Informasi Diklat silahkan email ke pusbindiklatren@bappenas.go.id, sedangkan untuk menanyakan seputar teknis web / pendaftaran online silahkan email ke : pusbindiklatren@gmail.com
Pusbindiklatren Bappenas RI.
F : pusbindiklatren
T : @pusbindiklatren

G : +pusbindiklatren

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2014

Kendala finansial tampaknya bukan lagi alasan untuk menghambat studi ke jenjang lebih tinggi. Tahun ini, ada 60 ribu kursi beasiswa Bidik Misi 2014 yang disediakan pemerintah melalui Kemdikbud. Alokasi tersebut disebar ke sejumlah PTN/PTS yang ada di Tanah Air. Bagi Anda lulusan SLTA/sederajat tahun 2013 atau yang akan lulus 2014, pendaftaran beasiswa Bidik Misi 2014 sudah dibuka.
Beasiswa ini ditujukan bagi siswa berprestasi, namun terkendala faktor ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sejak digulirkan 2010 lalu, ada ratusan ribu mahasiswa yang telah memperoleh beasiswa Bidik Misi. Tahun ini ditambah, bahkan informasinya diperluas untuk program profesi, seperti lulusan sarjana kedokteran (S.Ked) yang akan melanjutkan pendidikan profesi dokter bisa menggunakan beasiswa Bidik Misi, begitu pun dengan lulusan calon pendidik yang harus menempuh program sertifikasi dan profesi sebelum bisa mengajar sebagai guru.
Persyaratan:
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2014;
2. Lulusan tahun 2013 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi sebagai berikut:
    a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
    b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
6. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu di antara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
        1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
        2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
        3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN.
    b. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.
Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Bidik Misi 2014 dilakukan secara online. Ada beberapa alur yang ditempuh lulusan SLTA/sederajat sebelum mendaftar. Mengacu pada pedoman yang ada, sekolah harus terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi di laman: http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah. Biasanya butuh waktu 1 x 24 jam untuk diverifikasi terlebih dahulu oleh Ditjen Dikti. Jika sekolah Anda sebelumnya telah terdaftar sebagai pemohon Bidik Misi, maka tinggal login dengan memasukkan NPSN serta Kode Akses yang telah diperoleh.

Berikutnya, sekolah merekomendasikan masing-masing siswa di laman tersebut. Soal layak tidaknya direkomendasikan, silakan dikonsultasikan ke pihak sekolah. Jika mereka telah merekomendasikan, sekolah akan memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan. Tahapan tersebut semuanya dilakukan pihak sekolah.
Nomor pendaftaran dan kode akses yang diberikan pihak sekolah nantinya akan Anda gunakan saat mendaftar beasiswa Bidik Misi secara online. Silakan buka laman: http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id untuk mendaftar. Pilih fitur ‘Siswa/Alumni’ yang telah direkomendasikan. Silakan selesaikan semua tahapan di sistem pendaftaran tersebut.
Siswa yang sudah mendaftar beasiswa Bidik Misi 2014, kemudian mendaftar seleksi nasional atau mandiri sesuai ketentuan pola masing-masing seleksi melalui:
a. SNMPTN melalui http:// snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://sbmptn.ac.id
c. Seleksi Mandiri sesuai ketentuan masing-masing PTN.
Siswa yang mendaftar melengkapi berkas sebagai berikut yang akan dibawa pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk:
1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi;
2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
7. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Seleksi:
Seleksi untuk PTN 
Proses seleksi Bidik Misi dilakukan oleh perguruan tinggi baik yang masuk melalui jalur seleksi nasional maupun mandiri. Jika mengikuti seleksi nasional, PTN akan menyeleksi penerima rekomendasi Bidik Misi yang merupakan lulusan seleksi nasional (SNMPTN). Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, urutan kualitas sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Hasil seleksi nasional calon mahasiswa diumumkan oleh panitia seleksi nasional dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
Jika mengikut seleksi mandiri, PTN melakukan seleksi terhadap pendaftar menggunakan jalur, persyaratan, dan kriteria khusus yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh Rektor/Direktur /Ketua atau yang diberi wewenang melalui media yang dapat diakses oleh setiap pendaftar dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
Seleksi untuk PTS
Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTS dengan memprioritaskan pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, PTS bisa saja melakukan kunjungan ke alamat pendaftar. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh panitia seleksi PTS dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
Pendanaan: 
Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan di perguruan tinggi selama delapan (8) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama enam (6) semester untuk program Diploma III.
Untuk program studi yang memerlukan pendidikan keprofesian atau sejenis, perpanjangan pendanaan sampai lulus jenjang keprofesian difasilitasi oleh PT penyelenggara Bidik Misi.
Beasiswa yang diperoleh, di antaranya pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri pada salah satu PT. Kemudian bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi. Tahun lalu maksimal Rp 2,4 juta per semester yang dapat digunakan untuk biaya masuk perguruan tinggi, SPP, biaya pendidikan lainnya, tutorial, kegiatan ko dan ekstrakurikuler, dan asuransi kesehatan atau kecelakaan. 
Kemudian diberikan bantuan biaya hidup sekurang-kurangnya Rp 600 ribu per bulan sesuai besaran yang ditentukan oleh perguruan tinggi serta biaya kedatangan saat pertamakali tiba dari tempat asal menuju perguruan tinggi.

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/01/pendaftaran-beasiswa-bidik-misi-2014.html#sthash.nJsL2547.dpuf

Senin, 27 Oktober 2014

Beasiswa BUTIK CIMB Niaga 2014

 Peluang menarik ini kembali dibuka bagi para entrepreneur muda di Tanah Air. Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga 2014. Beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa yang berjiwa entrepreneur sekaligus berprestasi secara akademis. Beasiswa ini merupakan buah kerjasama Kemdikbud dan CIMB Niaga terhadap dunia pendidikan dan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.
Penerima beasiswa BUTIK CIMB Niaga 2014 selain mendapatkan tanggungan biaya pendidikan, juga diberikan biaya hidup selama menjalani studi. Yang menarik, ada subsidi modal usaha untuk pengembangan usaha yang telah ditekuni.  Tahun 2014, Beasiswa Butik CIMB Niaga akan diberikan kepada 20 orang yang lolos seleksi dengan durasi waktu maksimal 4 (empat) semester atau 2 (dua) tahun.
Syarat dan Ketentuan:
1.Warga Negara Indonesia.
2. Berusia maksimum 25 tahun (saat mengikuti beasiswa).
3. Mahasiswa dari Universitas Negri atau swasta di seluruh Indonesia mulai semester 5 pada pendidikan jenjang S1 dan/atau mulai semester 3 pada pendidikan DIII/Vokasi.
4. Memiliki IPK 4 Semester berturut-turut minimal 2,75 (skala 4,00).
5. Memiliki usaha aktif minimal 6 bulan.
6. Telah melaksanakan inisiatif usaha/bisnis yang berorientasi memberikan solusi bagi masalah sosial dan lingkungan (eco-social enterpreneurship).
7. Mampu memberikan Rencana Pengembangan Usaha yang kreatif, sustain dan memberikan peningkatan manfaat bagi masyarakat.
8. Mampu memberikan Rencana Stategis Penggunaan produk CIMB Niaga sebagai pendorong laju pengembangan usaha.
9. Tidak berstatus sebagai penerima program beasiswa dari institusi atau perusahaan manapun.
10. Apabila dalam proses seleksi hingga proses lebih lanjut ternyata ditemukan kecurangan yang dilakukan oleh peserta, maka peserta wajib melakukan penggantian sebesar 100% atas seluruh biaya yang telah dikeluarkan CIMB Niaga untuk proses tersebut.
Bidang usaha yang dapat diajukan:
• Industri Kreatif
• Industri
   Berbagai macam sektor industri seperti pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan.
• Jasa
   Berbagai macam sektor jasa seperti jasa telekomunikasi, jasa IT, jasa penyewaan, dll.
Pendaftaran:
Pengajuan Beasiswa BUTIK CIMB Niaga 2014 cukup mudah. Pelamar hanya diminta mendaftar secara online dan melengkapi persyaratan yang diperlukan. Pendaftaran online di alamat http://scholarship.cimbniaga.com. Harap penuhi ketentuan di atas sebelum mendaftar.
Pendaftaran online paling lambat 31 Oktober 2014.
Seleksi:
Peserta akan menjalani tiga tahapan seleksi. Tahap pertama adalah e-registration dan verifikasi usaha. Tahap kedua dan ketiga adalah presentasi dan wawancara di hadapan team penilai yang merupakan wakil dari CIMB Niaga, Kemendikbud RI dan juri ahli dari pihak independent.
Peserta yang berhasil melewati tahap penyaringan hingga verifikasi usaha akan mendapatkan informasi dan pemberitahuan secara resmi dari CIMB Niaga tentang pelaksanaan jadwal presentasi dan wawancara di hadapan dewan juri.
Hanya mereka yang berhasil melewati tahap seleksi yang akan mendapat pemberitahuan secara resmi dari CIMB Niaga di bulan November 2014. Pertanyaan terkait bisa disampaikan melalui email: cimbniagascholarship@cimbniaga.co.id atau melalui laman website CIMB Niaga.

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/09/beasiswa-butik-cimb-niaga-2014.html#sthash.cyDjad0F.dpuf

Beasiswa Master di University of Bern, Switzerland

Ada program beasiswa master yang ditawarkan University of Bern, Swiss bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini disediakan dalam jumlah terbatas. Master Grant 2015. Hanya 6 kuota yang diberikan tahun ini. Namun, sudah termasuk pembebasan dari biaya pendidikan serta uang saku sebesar CHF 1.600 per bulan yang diberikan kepada penerimanya. Tidak itu saja jika terpilih, kandidat tidak perlu lagi membayar biaya aplikasi ke universitas.
Melalui beasiswa tersebut, pelamar bisa mengajukan program master apa saja di University of Bern. Pengecualian hanya biomedical science dan master of international law and economics (MILE). Karena bukan beasiswa penuh, pelamar mungkin perlu mempertimbangkan biaya lain yang ditanggung sendiri seperti transportasi, asuransi kesehatan, biaya buku, dll. Namun, Anda sudah terbebas dari tanggungan biaya SPP yang nilainya cukup besar untuk dikeluarkan.
Persyaratan:
1. Berdomisili permanen di luar Swiss
2. Meraih gelar sarjana dari universitas non-Swiss (di luar Swiss)
3. Disiplin ilmu studi sarjana yang diselesaikan harus sama dengan disiplin ilmu studi master yang diminati
4. Studi sarjana diprediksi selesai paling lambat 30 Juli 2015
5. Gelar sarjana diberikan dalam 5 tahun terakhir
6. Periode hibah berlaku mulai 1 September 2015 selama 13 bulan dan, tergantung pada kinerja selama tahun akademik pertama, dapat diperpanjang untuk periode studi berikutnya
Dokumen aplikasi:
1. Ceklis dan formulir aplikasi (unduh)
2. Salinan paspor atau KTP
3. Curriculum vitae (ukuran font 12, kertas A4)
4. Letter of motivation (ukuran font 12, kertas A4)
5. Dua surat rekomendasi  profesor universitas (diketik di atas kertas institusi)
6. Dokumen terjemahan resmi jika tidak diterbitkan dalam Bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia.
7. Salinan TOEFL atau IELTS
8. Salinan ijazah sarjana atau konfirmasi bahwa kinerja akademik saat ini menunjukkan program gelar sarjana diperkirakan selesai paling lambat 30 Juli 2015.
9. Salinan transkrip akademik
10. Salinan ijazah SMA/sederajat
11. Salinan tes GRE (hanya untuk Teknik Biomedis)
Pendaftaran:
Lengkapi dokumen yang dibutuhkan di atas. Dibuat dua (2) rangkap. Lalu kirim via pos atau jasa pengiriman ke:
International Office
University of Bern
Hochschulstrasse 4
3012 Bern, Switzerland

Dokumen tersebut sudah harus diterima paling lambat 28 November 2014. Evaluasi akan dilakukan 1 Desember 2014 – 28 Februari 2015. Pertanyaan bisa disampaikan kepada Hiromi Pagoulaksi di email: hiromi.pagoulakis@int.unibe.ch

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/10/beasiswa-master-di-university-of-bern.html#sthash.ro0XOnal.dpuf

Beasiswa Coursework di Monash University – Australia

Skema beasiswa coursework ini juga ditawarkan Monash University, Australia. Pelamar internasional bisa mendapatkannya untuk studi sarjana atau pascasarjana di kampus Monash tersebut. Keuntungannya, pelamar terpilih akan memperoleh tanggungan biaya kuliah (SPP) 100 persen hingga selesai. meski tidak menyediakan biaya lainnya, seperti akomodasi maupun biaya hidup. Beasiswa sudah sangat membantu untuk studi di Australia.
Bisa mendaftar beasiswa tersebut melalui skema Monash International Leadership Scholarship. Hampir serupa beasiswa yang dimuat sebelumnya, Monash International Merit Scholarship.
Tahun ini ada empat kursi beasiswa disediakan. Status kewarganegaraan tidak dibatasi untuk mengikuti beasiswa. Pengecualian hanya diberikan pada warganegara Australia atau New Zealand. Karena ini beasiswa coursework, pelamar bisa memilih program studi yang diminati untuk perkuliahan biasa di Monash University.
Pelamar akan dinilai berdasarkan prestasi akademik, termasuk dari statement sekitar 1.000 kata yang dituangkan di dalam formulir aplikasi. Pertimbangan lainnya adalah potensi pelamar untuk menjadi bagian duta Monash University. Karena penerima beasiswa bisa saja diminta berpartisipasi dalam kegiatan promosi yang dilakukan pihak kampus.
Persyaratan:
1. Mahasiswa internasional
2. Mengambil perkuliahan (coursework) penuh waktu untuk gelar sarjana atau pascasarjana di kampus Monash, Australia
3. Tidak memenuhi syarat untuk gelar Bachelor of Medicine/Bachelor of Surgery (MBBS) atau Master of Business Administration (MBA)
4. Tidak memenuhi syarat untuk mahasiswa di program Monash Pathway (misalnya, Monash College dan Monash University Foundation Year)
5. Tidak memenuhi syarat untuk mahasiswa transfer dari kampus Monash lainnya atau dari universitas lain di Australia
6. Tidak memenuhi syarat jika sedang studi di sekolah menengah Australia (year 12)
*Pelamar diminta mempertahankan nilai 70 % atau lebih setiap semesternya agar bisa melanjutkan beasiswa.
Pendaftaran:
Sebelum mengajukan beasiswa, pelamar terlebih dahulu harus terdaftar di Monash University. Pelamar bisa mengunjungi www.monash.edu kemudian memilih jenjang studi coursework yang diminati untuk mahasiswa internasional. Setelah terdaftar (no conditions) dan memperoleh nomor Student ID, Anda bisa langsung mendaftar beasiswa ini.
Serahkan formulir yang telah terisi lengkap tersebut ke:
Central Admissions, Monash University
Monash Connect
Building A, Ground floor
900 Dandenong Road
Caulfield East 3145
Victoria, Australia
Email: mu.documents@monash.edu
Deadline:
Periode pertama: 15 Oktober
Periode kedua: 15 November
Periode ketiga: 15 Januari
Periode keempat: 15 Maret
Periode kelima: 15 April
Periode keenam: 12 Juni

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/10/beasiswa-coursework-di-monash.html#sthash.tIuHqQqG.dpuf

Beasiswa University of Oxford – UK 2015

Skema Clarendon Fund, yaitu program beasiswa pascasarjana bagi mahasiswa internasional berprestasi. Clarendon Fund memberikan beasiswa penuh untuk studi master dan PhD di University of Oxford, UK. Sebanyak 140 kursi disediakan untuk tahun akademik 2015/2016.
Selain menanggung biaya penuh perkuliahan, juga disediakan biaya hidup selama menjalani studi di Inggris. Tahun lalu, biaya hidup yang diberikan senilai £13.863 Poundsterling. Seleksi memang ketat. Salah satu pertimbangannya adalah capaian prestasi harus sangat memuaskan. Namun, peluang ini tetap terbuka bagi siapa saja.
Beasiswa dibuka untuk semua jurusan di University of Oxford, baik penuh waktu maupun paruhan untuk jenjang master (MSt, MSc, BCL/Mjur, MBA, MFE, MPhil, BPhil, MSc by Research, MTh, MPP)  dan jenjang doktoral (DPhil).
Kriteria:
1. Memiliki catatan akademik yang cemerlang: IPK minimal 3,7 untuk skala 4.00. JIka tersedia, lampirkan juga bukti penghargaan dari universitas, informasi posisi Anda, atau publikasi yang dimiliki.
2. Cakap dalam bidang studi yang diusulkan. Penilaian dilihat dari referensi akademik, proposal penelitian, bakat dalam penelitian, dan kontribusi signifikan yang kemungkinan diberikan pada bidang studi.
3. Motivasi. Penilaian dilihat dari bukti komitmen pemohon pada program kuliah yang diusulkan. Serta dari hasil evaluasi personal statement dan rekomendasi.
Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa cukup mudah. Pelamar hanya diminta untuk mendaftar di program pascasarjana University of Oxofrd. Secara otomatis, aplikasi yang diajukan tersebut akan dipertimbangkan untuk beasiswa Clarendon. Tidak perlu ada aplikasi terpisah atau khusus untuk pendaftaran beasiswa. Agar dapat dipertimbangkan, siapkan aplikasi sebaik mungkin.
Batas terakhir pendaftaran adalah 9 Januari atau 23 Januari 2015. Sementara, untuk program Executive MBA deadline berakhir sekitar September 2015. Pemberitahuan pemenang akan disampaikan April untuk perkuliahan yang dimulai Oktober 2015.

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/09/beasiswa-university-of-oxford-uk-2015.html#sthash.9g8YagmS.dpuf

Beasiswa S3 di Austria Kerjasama Dikti

Skema beasiswa S3 di Austria ini merupakan hasil kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Riset Austria. Namanya Indonesian Austrian Scholarship Programme. Beasiswa yang tertuang melalui perjanjian ASEA-UNINET antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Badan Kerjasama Internasional Austria bidang Pendidikan dan Riset (OeAD-GmbH).
Dibuka untuk tahun akademik 2015-2016. Bagi Anda yang berprofesi sebagai dosen dan ingin melanjutkan pendidikan S3 untuk meraih gelar PhD, peluang ini terbuka untuk diikuti. Pelamar diberi kebebasan untuk memilih program studi serta universitas yang diminati di Austria. Setiap tahun disediakan sekitar 20 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia.
Kandidat terpilih akan mendapatkan tunjangan bulanan sebesar €1.000, asuransi kesehatan dan kecelakaan, akomodasi, serta subsidi biaya perjalanan untuk kedatangan dan keberangkatan yang dibayarkan oleh otoritas Indonesia.
Beasiswa akan diberikan selama 36 bulan atau 3 tahun sejak dimulainya program. Pelamar saat ini berusia maksimal 35 tahun atau 5 tahun setelah menyelesaikan kuliah master.
Dokumen persyaratan:
1. Formulir aplikasi (unduh)
2. Letter of acknowledgement dari supervisor universitas di Austria
3. Deskripsi projek studi/tesis (2-4 halaman, judul, isi, metodologi, tabel waktu) yang telah disetujui oleh supervisor di Austria
4. Satu lembar surat rekomendasi dari supervisor (harus ada kop surat, tandatangan yang memberi rekomendasi, dan cap universitas/departemen. Tidak boleh lebih dari enam bulan saat aplikasi)
5. Scan paspor pada halaman nama dan foto
6. Scan ijazah dan transkrip dari studi sebelumnya (diploma, sarjana, master, atau PhD)
7. Memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Jerman yang baik (skor tes TOEFL 500 atau IELTS 5.5)
Pendaftaran:
Dokumen yang tertera di atas kirim ke OeAD - Sarah Widmoser, Programme Manager via email: sarah.widmoser@oead.at
Setelah mengirimkan dokumen ke OeAD-GmbH, calon kandidat terpilih akan diundang untuk mengikuti sesi wawancara yang digelar di Indonesia. Kemudian para nominee mendaftar ke universitas di Austria dengan dukungan dari OeAD-GmbH. Pada saat yang sama, peserta juga diminta untuk mengajukan aplikasi kedua ke Dikti, melalui laman http://beasiswa.dikti.go.id/bppln/
Keputusan final akan diambil setelah kandidat diterima di universitas Austria. Informasi lebih jauh bisa ditanyakan kepada Sarah Widmoser via email: sarah.widmoser@oead.at. Telp: +43 1 534 08 – 455. Atau website www.oead.at. Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 1 Februari 2015.

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/09/beasiswa-s3-di-austria-kerjasama-dikti.html#sthash.2jifY1MX.dpuf

Beasiswa di Nanyang Technological University Singapura

Nanyang President's Graduate Scholarship (NPGS). Skema beasiswa pascasarjana ini ditawarkan tidak saja bagi mahasiswa Singapura, namun juga pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi PhD di Nanyang Technological University (NTU). NPGS merupakan beasiswa penuh yang menanggung sebagian besar biaya pendidikan yang diperlukan.
Selain menyediakan biaya kuliah penuh, beasiswa di NTU ini juga mendanai biaya hidup bulanan sebesar $ 3.000 bagi mahasiswa internasional, kemudian tunjangan seminar hingga $ 4.000 per tahun, tunjangan IT  $ 1.500, dan biaya langganan jurnal dan pembelian buku $ 500 per tahun. Bukan itu saja, beasiswa NPGS juga telah mencakup tunjangan persiapan pembuatan tesis, serta akomodasi kampus.
Persyaratan:
1. Lulus dengan predikat gelar First Class Honours atau setara dengan sarjana
2. Jika program gelar sarjana belum selesai, Anda perlu memberikan dokumen dari universitas yang menerangkan sedang mengambil gelar Frist Class Honours atau setara
NPGS sangat menekankan pelamar yang memiliki capaian akademik brilian. Pelamar harus menyiapkan aplikasi terbaik untuk dapat bersaing dengan pelamar dari negara lain, khususnya mahasiswa tuan rumah.
Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi online
2. Selembar foto terbaru, ukuran paspor (discan)
3. Paspor (discan)
4. Skor TOEFL/IELTS (discan)
5. Skor GRE/GMAT/GATE (discan)
6. Transkrip akademik (gelar master)
     i) Terjemahan resmi dalam bahasa Inggris (discan)
     ii) Bahasa asli (discan)
7. Ijazah gelar master (discan)
8. Transkrip akademik (gelar sarjana)
     i) Terjemahan resmi dalam bahasa Inggris (discan)
     ii) Bahasa asli (discan)
9. Ijazah gelar sarjana (discan)
10. Proposal penelitian, resume, abstrak publikasi penelitian, serta dokumen pendukung lainnya (discan)
Pendaftaran:
Lengkapi dokumen aplikasi yang dibutuhkan untuk mengajukan pendaftaran online di NTU. Pengajuan aplikasi paling lambat 30 November 2014 untuk tahun akademik 2015-2016. Pertanyaan Anda bisa disampaikan melalui email: Admission_Research@ntu.edu.sg

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/10/beasiswa-di-nanyang-technological.html#sthash.VxtajSn0.dpuf

Beasiswa National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore (NUS) melalui Asia Research Institute (ARI) menawarkan fellowship bagi mahasiswa Asia yang sedang menempuh pendidikan master atau PhD di kawasan Asia (kecuali Singapura) untuk memperoleh penghargaan Asian Graduate Student Fellowships 2015. Beasiswa ini bertujuan memberikan kesempatan bagi kandidat untuk memanfaatkan sepenuhnya berbagai sumber di perpustakaan NUS dan  Institute of Southeast Asian Studies.
Beasiswa hanya berdurasi selama 6 minggu. Selama waktu itu, Anda akan menetap di NUS dengan sejumlah fasilitas yang disediakan. Skema ini dikhususkan kepada mahasiswa pascasarjana yang berkecimpung di bidang kemanusiaan dan ilmu sosial dengan topik Asia Tenggara.
Fasilitas yang disediakan, di antaranya tunjangan bulanan SGD 1.250, penggantian biaya pelatihan kerja dan visa, tiket pesawat PP ke Singapura, akses ke sumber-sumber perpustakaan dan komputer di kampus, 3 hari cuti kerja, pemaparan seminar dari berbagai ahli di bidangnya, dan diberikan pembimbing berdasarkan topik penelitian kandidat.
Dokumen pendaftaran: 
1. Formulir aplikasi (unduh)
2. Dua (2) halaman proposal penelitian dalam bahasa Inggris yang berisi garis besarnya. Proposal harus menyertakan rincian:
    a. Apakah tahap pengumpulan data atau penelitian lapangan telah selesai
    b. Bagaimana beasiswa akan berkontribusi pada penelitian
    c. Jenis sumber yang akan dikonsultasikan di Singapura
    d. Usulan rencana kerja selama beasiswa
3. Dua surat referensi, salah satunya dari pembimbing utama tesis Anda yang harus dikirim secara rahasia ke alamat email yang sama dengan batas waktu 15 November 2014.

Pendaftaran:
Dokumen aplikasi yang telah dipersiapkan di atas dikirim ke Mdm Kalaichelvi melalui email: arikk@nus.edu.sg paling lambat 15 November 2014. Silakan tulis “Asian Graduate Student Fellowship 2015” pada subjek email. Mereka yang terpilih saja nantinya memperoleh pemberitahuan.
Beasiswa akan dimulai 15 Mei 2015 hingga Akhir Juni 2015. Hasil kegiatan di NUS akan diminta untuk dipresentasikan di “Singapore Graduate Forum on Southeast Asian Studies”.
- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/10/beasiswa-national-university-of.html#sthash.JANgOm4L.dpuf

Beasiswa BCA Finance

BCA Finance kembali menggulirkan beasiswa. Total beasiswa yang diperebutkan lebih besar, yakni Rp 1,29 miliar. Kesempatan menarik ini disediakan bagi mahasiswa S1 PTN/PTS dari seluruh Indonesia. Pemenangnya akan mendapatkan Rp 3 juta/semester hingga maksimal semester 8. Sebanyak 70 pemenang akan dipilih oleh tim seleksi BCA Finance.
Pendaftaran dibuka dan dilakukan secara online. Selain tengah mengambil program S1, pelamar minimal telah/sedang menyelesaikan semester 2 serta tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun.
Persyaratan:
1. Mahasiswa/i program Strata 1 (S-1)
2. Minimal telah/sedang menyelesaikan semester 2
3. IPK min (PTN : 3,00 dan PTS : 3,4)
4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
5. Beasiswa ini bebas dari ikatan dinas apapun
6. Aktif dalam bergorganisasi
7. Melakukan pendaftaran beasiswa melalui aplikasi online (mengisi data diri di form aplikasi dengan  benar dan dapat dipertanggujawabkan,  jika kedapatan isi formnya tidak sesuai akan langsung di diskualifikasi)
8. Tahapan Seleksi :
    Tahap I : Penentuan 150 Calon Pemenang Beasiswa
         150 calon pemenang yang telah diumumkan wajib mengirimkan dokumen yang
         dipersyaratkan (Kartu Mahasiswa, Surat Keterangan tidak mampu, Kartu Keluarga,         Rekening Listrik dan Air, Surat Angota Organisasi  atau Surat Keterangan yang ditandatangani Ketua Organisasi).
    Tahap II : Penentuan 70 Pemenang Beasiswa yang berhak menerima Rp 3.000.000,-/Semester
9. Proses seleksi dilaksanakan oleh tim seleksi BCA Finance
10. Keputusan hasil penerimaan adalah mutlak & tidak dapat diganggu gugat dan kami tidak menerima surat menyurat dalam bentuk apapun selama proses dan setelah keputusan pemenang.
Pendaftaran:
Aplikasi beasiswa BCA Finance 2014 dilakukan secara online di sini. Pendaftaran dibuka mulai 1 – 30 September 2014. Berikutnya akan dilakukan pengumuman 150 calon pemenang melalui website BCA Finance pada 28 Oktober 2014. Tahapan berikutnya verifikasi kelengkapan dokumen untuk 150 calon pemenang beasiswa (cap pos) dari 29 Oktober – 14 November 2014. Hasil akhir pengumuman 70 pemenang beasiswa disampaikan 26 November 2014.

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/09/beasiswa-bca-finance-2014-ini-dia.html#sthash.9ZN2LopN.dpuf

BEASISWA PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS

1.
Overview

Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program spesialis di perguruan tinggi di dalam negeri.
Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program spesialis kedokteran di perguruan tinggi unggulan baik di dalam negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.
Sasaran pelamar Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program spesialis kedokteran di perguruan tinggi tujuan LPDP.
Sasaran bidang ilmu Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, sesuai prioritasnya, adalah sebagai berikut:

*
Spesialis Obstetri & Ginekologi;

*
Spesialis Anak;

*
Spesialis Penyakit Dalam;

*
Spesialis Gizi Klinik;

*
Spesialis Anastesiologi.
2.
Persyaratan Pendaftar

Persyaratan bagi pelamar Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis dijabarkan dalam persyaratan umum dan persyaratan khusus berikut:

A.
Persyaratan Umum


Pelamar beasiswa untuk studi lanjut pada program pendidikan dokter spesialis adalah mereka yang memenuhi ketentuan sebagai berikut:


1.
Warga Negara Indonesia;


2.
Mempunyai jiwa kepemimpinan, integritas, idealisme dan nasionalisme;


3.
Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;


4.
Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pelamar:



*
Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa dari sumber lain;



*
Tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum;



*
Tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar kode etik akademik;



*
Selalu mengabdi untuk kepentingan bangsa Indonesia;



*
Selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia;



*
Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP;



*
Telah mendapatkan izin dari atasan bagi yang sedang bekerja;



*
Telah mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi  yang belum/tidak sedang bekerja, atau rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja;



*
Memilih program spesialisasi dokter dan perguruan tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP;



*
Menulis esai dengan tema “Peranku Bagi Indonesia” dan “Sukses Terbesar Dalam Hidupku”.

B.
Persyaratan Khusus


Pelamar beasiswa untuk studi lanjut program pendidikan dokter spesialis adalah mereka yang memenuhi ketentuan berikut ini:


1.
Usia maksimum pada saat wawancara maksimal 35 tahun;


2.
Minimal skor TOEFL  ITP 500 / iBT 61 / IELTS  6,0 / TOEIC 600 atau lainnya yang setara;


3.
Dokter yang memiliki Surat Tanda Regristasi (STR) yang diterbitkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI);


4.
Minimal rata-rata IPK 3,0 untuk gabungan IPK sarjana dan profesi;


5.
Sanggup menyelesaikan studi program pendidikan dokter spesialis sesuai masa studi yang berlaku;


6.
Memiliki Surat Tanda Diterima (Letter of Acceptance di perguruan tinggi tujuan dengan status tanpa persyaratan (Unconditional) (jika ada).

C.
Kampus Tujuan, Bidang Spesialisasi dan Lama Masa Studi


Kampus Tujuan, Bidang Spesialisasi, dan Lama Studi Beasiswa Pendidikan Dokter terangkum dalam tabel di bawah ini:



No
Spesialisasi
Kampus Tujuan
Lama Masa Studi


1.
Spesialis Obstetri & Ginekologi
1.     Universitas Padjadjaran
2.     Universitas Indonesia
3.     Universitas Diponegoro
4.     Universitas Gadjah Mada
5.     Universitas Airlangga
6.     Universitas Hasanuddin
7.     Universitas Andalas
8.     Universitas Brawijaya
9.     Universitas Negeri Surakarta
9 Semester


2.
Spesialis Anak
1.     Universitas Padjadjaran
2.     Universitas Indonesia
3.     Universitas Diponegoro
4.     Universitas Gadjah Mada
5.     Universitas Airlangga
6.     Universitas Hasanuddin
7.     Universitas Andalas
8.     Universitas Brawijaya
9.     Universitas Negeri Surakarta
8 Semester


3.
Spesialis Penyakit Dalam
1.     Universitas Padjadjaran
2.     Universitas Indonesia
3.     Universitas Diponegoro
4.     Universitas Gadjah Mada
5.     Universitas Airlangga
6.     Universitas Hasanuddin
7.     Universitas Andalas
8.     Universitas Brawijaya
9.     Universitas Negeri Surakarta
9 Semester


4.
Spesialis Anestesiologi
1.     Universitas Padjadjaran
2.     Universitas Indonesia
3.     Universitas Diponegoro
4.     Universitas Gadjah Mada
5.     Universitas Airlangga
6.     Universitas Hasanuddin
7.     Universitas Negeri Surakarta
7 Semester


5.
Spesialis Gizi Klinik
1.     Universitas Indonesia
4 Semester


3.
Komponen Pembiayaan

Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan studi lanjut pada program pendidikan dokter spesialis tersebut diberikan bantuan dana pendidikan yang meliputi beberapa komponen berikut:

A.
Biaya Pendidikan


1.
Pendaftaran (at cost);


2.
SPP, termasuk matrikulasi non bahasa, Bantuan Operasional Pendidikan, Penyelenggaraan di Rumah Sakit Pendidikan, Pelatihan Kursus Wajib, Karya Ilmiah, Ujian Ketrampilan, Praktikum Klinik, dan Ujian Nasional (at cost);


3.
Non – SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku, tesis, seminar, publikasi, wisuda (paket, per tahun, akumulatif).

B.
Biaya Pendukung


1.
Transport Keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost);


2.
Asuransi kesehatan (paket);


3.
Hidup bulanan/living allowance (paket);


4.
Tunjangan Keluarga (paket);


5.
Kedatangan (settlement allowance) (paket);


6.
Keadaan darurat/force majeure yang disetujui LPDP.
4.
Waktu Pendaftaran

Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis dibuka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 (empat) kali yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. 
Bagi pendaftar yang sudah memiliki LoA, tanggal perkuliahan dimulai paling cepat 6 bulan setelah tanggal wawancara.