Powered By Blogger

Selasa, 02 April 2013


Sukses UN 2013
Menjelang Ujian Nasional 2013, siswa terus mempersiapkan diri agar dapat menaklukkan berbagai soal yang diujikan. Tetapi tanpa strategi yang tepat, hasilnya tidak akan optimal.
Saufi Sauniwati Pemerhati Pendidikan, mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan para siswa. Terkadang siswa belajar dengan menghajar semua materi yang ada tanpa strategi yang benar sehingga tidak fokus pada pelaksanaannya.
Semua ada strateginya. Materi yang diujikan banyak sekali. Belajar tanpa strategi, efeknya saat Ujian Nasional nanti tidak baik, katanya.
1. Tidak  sekadar menghafal
Pertama adalah penguasaan bahan. Yang dimaksud penguasaan bahan bukan sekadar menghafal semua materi. Tetapi, biar lebih mudah, biasakan berlatih soal untuk mengaplikasikan rumus yang ada. Semuanya dihafal, tapi tidak pernah dipraktekkan. Saat harus mengaplikasikan, pasti akan ada kesulitan.
2. Evaluasi diri
Kedua adalah melakukan evaluasi diri. Ini berkaitan dengan latihan soal yang dilakukan oleh siswa. Latihan saja tidak cukup bila tidak dievaluasi. Evaluasi tidak hanya sekadar menilai benar dan salah, tetapi harus dievaluasi durasi pengerjaan soal.
3. Istirahat.
Ketiga membagi waktu antara belajar dan melepaskan penat. Menjelang Ujian Nasional, siswa biasanya belajar tiada henti dan ikut berbagai macam bimbingan belajar/try out. Ini akan bermasalah jika tidak ada jeda untuk meregangkan pikiran dan dapat berakibat siswa mengalami stres.
4. Berdo’a
Langkah keempat berdoa biar diberi kelancaran. Tidak heran banyak sekolah yang melakukan do’a bersama saat menjelang Ujian Nasional. Dengan berdoa, siswa memperoleh ketenangan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.