Powered By Blogger

Kamis, 12 Maret 2015

Beasiswa Bank Dunia 2015-2016 (JJ/WBGSP)

Beasiswa Bank Dunia kembali ditawarkan bagi mahasiswa negara-negara berkembang. Salah satu yang diberi kesempatan adalah mahasiswa asal Indonesia. Beasiswa Bank Dunia 2015-2016 tersebut ditawarkan melalui Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program (JJ/WBGSP). Ini merupakan beasiswa master yang dapat dipergunakan untuk studi S2 di sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika, Eropa, dan negara Asia lainnya.
Beasiswa meliputi sejumlah pendanaan, di antaranya biaya kuliah penuh, biaya hidup termasuk di dalamnya biaya buku, asuransi kesehatan, tiket penerbangan ke negara tujuan plus US $500 untuk masing keberangkatan tersebut.
Universitas yang menjadi pilihan tempat studi, di antaranya: AgroParisTech-ENGREF,  Asian Institute of Technology, Australian National University, Brandeis University, CATIE Centro Agronómico Tropical de Investigación y Enseñanza, CERDI Universite d'Auvergne, Columbia University, Cornell University, Duke University, Harvard University, Hiroshima University, IHS-Institute for Housing and Urban Development Studies, Institute of Social Studies, International University of Japan, Intstitute of Tropical Medicine, Johns Hopkins University, Keio University, Ritsumeikan University, Sciences Po, UNESCO-IHE, Universidad de Chile, Université de Montreal, University of Bradford, University of Chicago, University of London, University of Sussex, dan sejumlah universitas terkemuka lainnya.
Persyaratan:
1. Warganegara dari anggota Bank Dunia, salah satunya Indonesia
2. Tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan negara industri
3. Tidak menjabat direktur eksekutif, konsultan, atau staf di Bank Dunia, termasuk groupnya semisal International Finance Corporation, International Development Association, Multilateral Investment Guarantee Agency, dan International Center for Settlement of Investment Disputes.
4. Memegang gelar sarjana atau setara yang diperoleh sebelum 2012
5. Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun terkait dengan pembangunan setelah lulus sarjana
6. Diterima tanpa syarat (unconditionally) di salah satu program master universitas pilihan yang ditawarkan JJ/WBGSP pada tahun akademik yang ditetapkan.
7. Sehat jasmani rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter
Dokumen aplikasi:
1. Curriculum vitae terbaru tidak lebih dari dua halaman
2. Fotokopi bukti keterangan pekerjaan dari pimpinan/tempat kerja dalam lima tahun terakhir, termasuk tempat kerja saat ini.
3. Fotokopi ijazah sarjana
4. Fotokopi surat penerimaan (unconditional admission) dari universitas, jika ada
Pendaftaran:
Ada dua cara pengajuan beasiswa Bank Dunia 2015-2016. Pertama, pelamar mendaftar langsung ke program master universitas yang telah menjadi partner. Kemudian pihak universitas yang merekomendasikan nama ke Sekretariat JJ/WBGSP setelah melalui tahap pemeringkatan atau seleksi.
Kedua, pelamar mendaftar ke program master pilihan di universitas, kemudian juga mengajukan aplikasi beasiswa JJ/WBGSP secara online paling lambat 19 Maret 2015.
Pada pilihan pertama, universitas yang ditawarkan lebih terbatas, sementara cara kedua pelamar memiliki lebih banyak pilihan universitas serta program studi yang disediakan.
Untuk cara kedua, berikut langkahnya:
Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Buat terjemahan resmi bahasa Inggris jika dokumen yang dimiliki menggunakan bahasa Indonesia atau yang lain. Lalu unggah ke laman website Bank Dunia. Jangan sampai lewat deadline. Jika belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu. Ada beberapa petunjuk lainnya di laman tersebut, seperti panduan, tanya jawab, dan cara pengajuan aplikasi online.

- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2015/03/beasiswa-bank-dunia-2015-16-jjwbgsp.html#sthash.Br7XBkRV.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.