Powered By Blogger

Kamis, 14 Maret 2013


Kenapa Harus Berwirausaha

Kompetisi Lowongan Semakin Ketat
Mencari kerja tidak semudah bayangan. Di semua level, bahkan di level doktoral, minimal pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Misal doktor ekonomi, kalau mau mengajar di PTS kecil mesti banyak yang mau menerima asal dengan gaji seadanya. Artinya, peluang menganggur semakin besar karena bisa dipastikan, gengsi ikut berperan.
Keamanan Karir Semakin Rapuh
Yang sudah mapan karirnya, tidak selalu mapan kelangsungannya. Kalau sudah begini, tidak berani resign, minimal para pegawai harus mulai memikirkan jika kena PHK mau berwirausaha sebagai apa. Karena jika sudah telanjur di PHK tapi tidak punya planning, bisa habis uang pesangonnya buat mikir-mikir nyari ide. Artinya, keamanan pekerjaan semakin rapuh jaman sekarang.
 Memunculkan Peluang
Peluang yang muncul banyak sekali. Dulu, mana ada para ibu jualan di internet? Sekarang, ibu-ibu nyambi jualan tas, baju, tiket pesawat, sampai produk agrobisnis dan kimia, bermunculan di internet. Perubahan komunikasi dengan lahirnya internet telah memunculkan cara baru berbisnis.
Hambatan untuk masuk bisnis berkurang. Siapa saja bisa berbisnis, bahkan pelajar SMP  ada yang berjualan distro linux dan hasilnya lebih dari cukup untuk bayar sekolah. Mahasiswa jualan kaos, sepatu, jasa design, adsense, amazon afiliasi, dst dengan penghasilan ribuan dollar.
Budaya Baru Berbelanja
Peluang yang lahir dari perubahan-perubahan yg terus terjadi. Misal, lalu lintas yang macet, memunculkan budaya baru dalam berbelanja: online. Fashion, masyarakat kembali ke budaya asli: batik naik daun. Orang semakin menuntut kecepatan: bisnis tiket pesawat semarak. Daya beli masyarakat meningkat: peluang bagi hampir semua usaha. Customer makin branded minded: branded goods. Intinya, bagi seorang wirausaha, semua perubahan memunculkan peluang. Tinggal kita seberapa jeli melihatnya.
Hasil Tak Terbatas
Wirausaha menjanjikan hasil tak terbatas. Artinya, hasilnya tergantung seberapa keras dan cerdas usaha kita. Kuncinya cuma pada ketekunan, kesabaran, pantang menyerah.
Kebebasan
Bahkan yang paling penting, wirausaha menjanjikan kebebasan, kualitas hidup yang lebih baik, dan kehidupan tanpa pensiun. Jangan khawatir dengan fasilitas pensiun. Sudah banyak lembaga keuangan yang bisa membuatkan program pensiun.
Dapat Diwariskan ke Anak Cucu
Ada satu lagi keuntungan berwirausaha: wirausaha bisa diwariskan. Coba lihat disekitar kita. Rumah Makan Ayam Goreng Suharti misal. Bayangkan bisa kasih makan berapa anak cucu?. Sate kambing pak Slamet bisa sekolahin anak, bangunin rumah, dst.
Masih banyak sebenarnya alasan, tapi diatas sudah lebih dari cukup sebenarnya untuk terjun berwirausaha?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.