Powered By Blogger

Kamis, 14 Maret 2013


Wirausaha Sukses

Mulai wirausaha, satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik sekali pun Anda memulainya pada usia muda. Jaringan pelanggan merupakan salah satu alat ukur keberhasilan usaha yang dijalankan.  Makin besar jaringan yang dibuat, makin terbuka pintu kesuksesan dari usaha. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membangun jaringan ini?
James Van Der Westhuizen Pakar bidang Knowledge Management, mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami jaringan pelanggan. Pasalnya, dalam menjalankan sebuah usaha tidak semata-mata hanya masalah uang saja, tetapi intinya adalah pelayanan kepada orang lain. Pengetahuan akan pelanggan penting dan harus dipahami dengan baik keinginannya agar ada tujuan yang jelas dari usaha yang dijalankan.
Langkah berikutnya adalah memilih target pasar yang sesuai dengan bidang usaha. Hal ini juga berkaitan dengan pelayanan dan pengembangan wilayah usaha nantinya jika jaringan pelanggan mulai terbentuk. Dengan memilih target pasar yang tepat, pelaku usaha dapat membuat program promosi dan penjualan yang sesuai juga. Tidak hanya paham dengan kemauan pasar. Tetapi,juga harus memilih target market mana yang akan disasar. Jadi sales programnya bisa tepat.
Langkah selanjutnya mulai membuat program promosi yang jelas dan akurat dengan memanfaatkan teknologi. Untuk menggaet pelanggan, informasi yang memadai dengan berbagai rekomendasi positif akan membantu mendongkrak pengembangan usaha yang tengah dijalankan. Sekarang di mana-mana orang googling dulu untuk tahu review suatu tempat atau barang. Manfaatkan sebaik mungkin. Banyaknya review positif tentu menarik minat orang untuk menggunakan jasa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.