Powered By Blogger

Kamis, 14 Februari 2013


KKP Ajak Kampus Kembangkan Riset Blue Economy

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka keran lebar bagi perguruan tinggi  untuk melakukan penelitian dan pengembangan guna menopang penerapan konsep Blue Economy di Indonesia pada 2013, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo menyampaikan, Indonesia yang 70 persen kawasannya berupa perairan dan laut memiliki potensi menggairahkan untuk mengembangkan ekonomi berbasis kelautan dan perikanan. Optimalisasi pemanfaatan sektor kelautan dan perikanan bisa berjalan jika para pemuda terutama mahasiswa terjun langsung mengelola potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang bersandar pada prinsip-prinsip Blue Economy.  "Konsepsi Blue Economy menawarkan platform yang luas dari ide-ide inovatif, yang dapat merangsang pemuda berwirausaha di sektor bisnis kelautan dan perikanan melalui pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan,".
Upaya untuk menggairahkan sektor kelautan dan perikanan tersebut siap dilaksanakan di wilayah Indonesia Barat dan Timur sebagai pilot projectnya. Selain itu, juga ada kesepakatan lima poin penting antara KKP dengan konseptor Blue Economy Holding KK. Gunter Pauli.
Di antara lima poin penting tersebut adalah pengembangan usaha berbasis Blue Economy yang dimulai dengan budidaya rumput laut, artemia garam, pakan ikan, dan lain-lain. Diharapakan dengan penerapan konsep Blue Economy bisa mengatasi isu ketahanan pangan di bidang kelautan dan perikanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.